Hati-hati Penyakit Menular Seks!

yhhaaang..., tombolku ditekan dong yaanng...... Sebelum kamu berpikir untuk melakukan hubungan seks, cobalah menimbang-nimbang dulu untung-ruginya. Sebab hubungan seks yang sembrono akan membawa penyakit. Penyakit yang ditularkan lewat seks biasa disebut Penyakit Menular Seks (PMS). Penyakit ini umumnya akibat hubungan seks yang dilakukan secara ‘tidak sehat’.

PMS ini adalah penyakit yang disebabkan oleh pathogen seperti virus, bakteri, parasit atau jamur. Ragam PMS meliputi sifilis, gonorhea, urithritis umum, herpes genitalis dan yang dapat membunuh adalah AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) dan masih banyak lagi jenisnya.

Gejala
Semua orang yang tidak berhati-hati dapat saja terkena penyakit ini. Datangnya penyakit ini tidak bisa diprediksi. Karena penyakit ini tidak menunjukkan gejala yang cukup berarti pada awalnya.

Selanjutnya gejala PMS sangat bervariasi, tergantung infeksi yang dialami. Yang paling umum dikenali terjadi gatal dan bau yang tidak lazim pada organ seksual, deman, kedinginan, nyeri, kulit mengelupas, kulit organ seksual memerah atau pecah-pecah. Kadang disertai dengan sakit pada perut bagian bawah dan sakit punggung.

Biasanya juga yang terjadi seperti keluar cairan yang tidak normal dari organ seksual, keputihan yang berlebih pada wanita. Dan pada bayi yang baru lahir dapat menyebabkan radang mata.

Terjadi dan Cara Penyebarannya
PMS biasa dialami anak usia belasan tahun dan remaja dewasa yang aktif melakukan kegiatan seks, terutama jika suka berganti-ganti pasangan. Berhubungan dengan ‘tidak aman’ dengan penderita PMS atau tanpa menggunakan pengaman atau kondom, juga melakukan seks secara anal (melalui anus).

Namun PMS juga bisa menular lewat darah, penggunaan jarum suntik yang tidak steril atau cara apapun yang bisa membuat darah si penderita masuk dalam tubuh kita bisa menyebabkan PMS. Selain itu PMS juga dapat ditularkan ibu pada janinnya atau bayinya.

Pengobatan
Kuman pada PMS seperti herpes ataupun HIV tidak bisa disembuhkan tapi gejala yang terlihat bisa diredakan. PMS yang disebabkan oleh bakteri seperti pada penyakit Gonorrhea dan Chlamydia bisa disembuhkan dengan antibiotik.
PMS yang disebabkan oleh jamur (seperti infeksi pada ragi vagina) dan parasit (contohnya trichomoniasis) masing-masing dapat diredakan dengan obat jamur atau pencegah alegi. Diagnosa awal dan pengobatan teratur dapat memberi harapan untuk pengobatan.

Jangan ragu untuk memeriksakan kesehatan organ seksual sejak dini pada dokter. Lebih cepat diketahui penyakit ini akan mudah disembuhkan. Karena perawatan akan lebih efektif untuk penyembuhan penyakit ini. Hingga kini belum bisa ditemukan obat yang langsung memberantas kuman-kuman itu sampai tuntas.

Pencegahan
Satu-satunya cara untuk mencegah PMS adalah dengan tidak sembarangan melakukan hubungan seks. Lakukan seks dengan aman dan bersih. Dan lebih baik untuk mendiskusikan seks dan penyakit ini dengan pasangan kamu sebelum melakukan seks. Pencegahan bisa berhasil jika orang yang melakukan seks itu mengerti, apa itu PMS dan bagaimana cara penularannya. Resiko tertular penyakit ini bisa dihindari dengan menggunakan kondom.

Setelah mengetahui segala hal tentang PMS, lebih baik kamu mulai berpikir lagi untuk melakukan seks yang tidak sehat dan tidak bersih. Atau berpikirlah ratusan ribu kali lagi untuk main-main dengan alat kelaminmu….Beware!!

>>>Link ini Jangan Diklik Ya Entar nyesal deh Kalu Lihatnya

No comments:

Post a Comment

Baca Juga:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...